Sunday, September 1, 2013

Pembelian Besar Real Madrid di Bursa Transfer

Bila bursa transfer pemain dibuka, yang paling ditunggu adalah pemain-pemain dengan nama besar hengkang ke klub besar dengan biaya yang juga besar. Real Madrid merupakan contoh nyata dari bagaimana sebuah klub kaya yang royal menghambur-hamburkan uang demi memboyong pemain berlabel bintang.
Real Madrid adalah klub  yang sangat royal
Real Madrid adalah Klub besar



Mustahil, Los Blancos menggaet Gareth Bale dari Tottenham Hotspur dengan ongkos transfer yang diperkirakan mencapai 100 juta euro. Angka yang juga menjadikan winger internasional Wales ini pemain termahal di dunia. Tak sedikit yang menganggap nilai yang diberikan Madrid untuk Bale terlalu mahal, tapi klub ibukota Spanyol ini sangatlah bergeming.

Pembelian pemain kadang juga tak lebih dari apa yang bisa kita sebut dengan perjudian. Sang pembeli tentu harus tahu benar pemain yang direkrutnya adalah pemain hebat sehingga layak dihargai mahal. Musim panas tahun lalu, Madrid membeli Luka Modric dari Spurs senilai 33 juta pounds, dan penampilan gelandang internasional Kroasia itu dianggap tak memenuhi ekspektasi sepanjang musim lalu. Sebuah contoh kegagalan?

Kita patut bertanya-tanya, kontribusi macam apa yang bisa diberikan pemain seharga 100 juta euro? Apa pembelian Bale dapat menjamin Madrid merebut trofi bergengsi? Kita masih ingat bagaimana El Real memboyong Ricardo Kaka dan Cristiano Ronaldo secara bersamaan pada musim panas 2009, tak ada satu pun gelar mampir ke Santiago Bernabeu pada musim 2009-2010.



Mengapa Madrid menjadi contoh, karena tak bisa dipungkiri untuk urusan boros di bursa transfer, Los Merengues jagonya. Sejak 2009 sampai 2013, hanya dua gelar mereka menangkan yakni, Copa del Rey pada 2011 dan La Liga pada 2012. Padahal, ratusan juta euro telah mereka gelontorkan untuk membeli pemain-pemain bintang.

Manchester City, Paris Saint-Germain, Barcelona, Bayern Munich, dan Chelsea mungkin juga termasuk contoh klub yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menggaet pemain incaran mereka. Tapi, belum ada yang sefenomenal Madrid tentu saja. Klub yang pernah mengumpulkan Raul Gonzalez, Roberto Carlos, Zinedine Zidane, Ronaldo, Luis Figo, Claude Makalele, dan David Beckham dalam satu tim. Los Galacticos.

Simaklah dari Seorang pelatih yang bernamaHuddersfield Town merekrut James Vaughan dengan kontrak tiga tahun. Dan telah mendapatkan tanda tangan Striker James Vaughan dari Norwich City.

Sebelum mendatangkan Bale, Madrid juga sudah memboyong Isco Alarcon dari Malaga, Asier Illarramendi dari Real Sociedad, Dani Carvajal dari Bayer Leverkusen. Sejauh ini, Carvajal tampil cukup baik bersama El Real, dan Isco telah menyumbang tiga gol dari tiga penampilan. Hanya Illarramendi yang belum diturunkan karena masih cedera.

Bagaimana dengan Bale? Menyandang pemain terbaik dan pemain muda terbaik Premier League musim lalu, Bale tentu memanggul harapan besar dari para penggemar Madrid untuk menyudahi dominasi Barcelona di La Liga dan menorehkan La Decima di Liga Champions. Apa Bale akan terbebani atau pemain berusia 24 tahun ini ternyata mampu mencicil harganya yang mahal itu dengan performa gemilangnya di setiap laga. Kiprah mantan pemain Southampton ini patut ditunggu.

No comments:

Post a Comment